SD “Bertaraf Internasional” BANI HASYIM


Mengenal Astronomi melalui Studi lapangan ke Univ. Negeri Malang
April 30, 2008, 12:43 pm
Filed under: Berita, mata pelajaran, Media, Siswa | Tags: , , , ,

Berita ITRC, 21 April 2008. Untuk bisa mengembangkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, SD Bani Hasyim mengajak santri-santrinya untuk berkunjung ke Universitas Negeri Malang untuk mempelajari Astronomi, yaitu melihat bagaimana permukaan bulan sebenarnya dengan menggunakan teropong bintang.

Kegiatan ini dilakukan pada malam hari yang disesuaikan dengan tujuannya, yaitu melihat permukaan bulan. Saat kunjungan berlangsung, bulan berada pada fase bulan purnama.

Sebelum kegiatan melihat bulan dilakukan, santri-santri diberikan penje;lasan terlebih dahulu mengenai berbagai hal yang terkait dengan astronomi yang terkait dengan materi pelajaran Sains Alam dan Peradaban dan Teknologi Kebudayaan (PTK). yaitu penjelasan mengenai fase-fase bulan, bagaimana terjadinya siang dan malam, bagaimana terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan, komet, meteor, rasi bintang, dll.

Ketika tepat pukul 20.00, anak-anak secara bergantian melihat bulan melalui teropong bintang. Anak-anak cukup antusias sekali. Melalui kegiatan seperti ini anak mampu melihat secara kontekstual objek yang dipelajarinya, bukan sekedar membaca dan mengetahui dari buku teks. sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.


3 Comments so far
Leave a comment

keren, keren. wah, ak juga pengennn

Comment by dewisang

senang menemukan blog ilmu ini, salam kenal. mari kita bangun generasi dengan ilmu dan iman…:)

Comment by pakarfisika

Asalamu alaikum ww,
Dua bulan lalu anak saya ke Jepang dalam rangka Astronomi dan Lingkungan Hidup, diminta mempersiapkan bagaimana mimpi anak smp kita tentang astronomi dan masa depan untuk dipresentasi didepan sesama peserta Astronomi summit berbagai negara.
Konon anak2 berbagai negara telah sehari-harinya hidup belajar dalam suasana masa depan itu. Masa dimana bumi bukan lagi satu2nya tempat kehidupan.
dengan segala kemajuan teknologinya.
dari buku2 yang mereka bawa pulang, saya menjadi kaget, betapa detail dan terikutnya anak2 itu kedalam perjalanan masa depan yang jelimet.
Moga2 anak2 kita tak terlalu ketinggalan ya… .
Maju…maju.

Comment by limpo50




Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: