SD “Bertaraf Internasional” BANI HASYIM


ITRC Community

PROFIL

Gagasan pengembangan teknologi informasi atau yang lebih dikenal dengan IT (Information Technology) sebenarnya sudah ada sejak tahun 2005. Rencana pengembangan IT akan terus berkelanjutan sampai tahun 2012. Gagasan ini muncul karena adanya keinginan untuk bahwa guru di sekolah internasional sudah seharusnya memiliki kemampuan mengoperasionalkan komputer dan internet. Hal ini tentunya akan berimbas pada sistem pembelajaran yang akan dilaksanakan, di mana pembelajaran yang ada diharapkan dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. IT tersebut akan diaplikasikan dalam sistem manajemen yayasan dan pembelajaran yang dikenal dengan pembelajaran E-Learning (moodle, LKS, multimedia, trilingual approach)

Fakta yang ada di masyarakat saat ini, adalah bahwa sering kali guru harus memanggil orang yang ahli komputer untuk mengoperasikan komputer di suatu sekolah. Sehingga perlu adanya suatu tim dalam sekolah yang bisa meng-cover kebutuhan tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka dibentuklah tim pengembangan IT dalam komunitas ITRC (Information Technologi Research Center).

Pembentukan Tim ITRC ini baru terbentuk pada tahun ke tiga, yaitu 31 Desember 2005. Untuk bisa mengoptimalkan kinerja Tim, maka dalam tim ITRC ini terdapat susunan pengurus sebagai berikut:

  • Penanggung Jawab : Aji Dedi Mulawarman
  • Ketua : Efendi Rizal
  • Wakil Ketua : Siti Yuniati
  • Sekretaris : Dewi Rachmawati
  • Bendahara : Sucihida
  • Koordinator Jaringan : Zuhri
  • Koordinator WordPress : Amelia Dirty
  • Koordinator Linux : Ana Maghfiroh
  • Koordinator Moodle : Azwirda Frist

Kepengurusan tim ITRC ini adalah perwakilan-perwakilan guru dari SD dan TK di Masjidil ‘Ilm Banihasyim.

gambar18.jpg

 

Yuni, Firda, Suci


10 Comments so far
Leave a comment

Assalamualaikum,

Minta informasi untuk biaya enrollment untuk kategori Taman Kanak – Kanak dan Pindahan SD

Terimakasih

Wassalam

Comment by marthamilana

Untuk lebih jelasnya ibu bisa datang dan hubungi no. telp (0341)456005, sebagai gambaran untuk TK kurang lebih 2.5Jt dan pindahan SD kurang lebih 4Jt.
Tapi untuk keterangan lebih jelas ibu bisa masuk ke Web. TK dengan alamat tkbanihasyim.wordpress.com

Comment by sdbanihasyim

ITRC atau Information Teknologi Research Center tim fenomenal ini menggugah perkembangan IT di sekolah ini. Segala hal mengenai sekolah dan berbagai aktivitasnya bisa di akses langsung melalui wordpress yang representatif. Selain wordpress, Tim ITRC juga mengembangkan pembelajaran berbasis media melalui moodle untuk mengoptimalkan pengalaman belajar santri sehingga belajar menjadi lebih bermakna.

Dengan adanya tim ITRC, seluruh civitas akademika Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim diharapkan dapat memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas, ditunjang dengan iman dan taqwa serta terus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi setiap waktu dan di manapun berada. Untuk lebih menfokuskan kegiatan pengembangan IT, maka tim ITRC dibagi menjadi 2 tim, yaitu ITRC untuk SD dan ITRC untuk TK.

Tak ada yang bisa membuat IT sekolah ini bisa maju dan dipandang sebagai sekolah yang bertaraf internasional selain semangat tim ITRC untuk mengembangkannya. Bravo dan Go a Head: Efendi Rizal, Siti Yuniarti, Suci Hidayati dan Azwirda Frist sebagai Tim ITRC Bani Hasyim.

Comment by Frida

Standar Nilai Ujian Nasional SD Ditentukan Sekolah

JAKARTA — Sekolah berhak menentukan standar nilai untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB). Dengan ketentuan itu diharapkan masyarakat tidak terlalu khawatir akan tingginya angka ketidaklulusan pada siswa SD sebagaimana terjadi pada siswa SMP dan SMA.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof Djemari Mardapi, didampingi Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Depdiknas, Burhanuddin Tola, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (8/11) mengatakan pemerintah hanya menyiapkan materi ujian untuk tiga mata pelajaran–Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)– yang dijadikan bahan UN pada bulan Mei 2008.

”Ujian nasional akan dilaksanakan secara terintegrasi dengan ujian akhir sekolah (UAS) untuk SD/MI dan SDLB. Ujian nasional yang terintegrasi dengan ujian sekolah/madrasah (UNTUS) ini dilaksanakan satu kali pada minggu ke tiga Mei 2008,” kata Prof Djemari.

Dia berharap masyarakat tidak perlu khawatir bila angka ketidaklulusan pada ujian nasional SD bakal tinggi menyusul keberatan banyak kalangan yang menilai siswa SD belum siap untuk menghadapi ujian nasional.

”Soal ujian nasional terdiri dari 40 persen yang ditetapkan BSNP dan berlaku secara nasional serta 60 persen soal lainnya ditetapkan oleh penyelenggara UNTUS tingkat provinsi berdasarkan spesifikasi yang telah ditetapkan BNSP,” katanya Prof Djemari lagi. Dia mengungkap para guru telah terlatih menyusun soal sesuai spesifikasi yang diharapkan.

Sedangkan, kisi-kisi soalnya disusun berdasarkan materi Kurikulum 1994 dan Standar Kompetensi Dasar.

”Kriteria kelulusan UNTUS ditetapkan setiap sekolah/madrasah melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai minimum setiap mata pelajaran yang diujikan dan nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujikan,” kata Prof Djemari.

Selain itu, sekolah juga diminta memperhatikan nilai sehari-hari, perilaku, dan akhlak siswa sehingga hasil ujian nasional tersebut tidak semata-mata diperoleh dari ujian saja.

UNTUS tahun pelajaran 2007/2008 akan diikuti sekitar 5, 2 juta peserta yang berasal dari 184 ribu SD/MI/SDLB dan pada akhir kelulusan siswa akan menerima Surat Keterangan Hasil UNTUS yang diterbitkan oleh sekolah/madrasah.

Comment by sdbanihasyim

Hai….rekan kerja….it’ws me dewi

Comment by B. YUni

cayo buat tim yang dibentuk untuk mengembangkan ICT walau ditingkat sekolah pasti sangat berguna…
dan semoga sekolahnya tambah maju ya…..Amin!

Comment by lazir

Gimana nih, para guru SD? masih banyak komplin dari wali santri ya! hari ini pembagian hasil evaluasi semester 1. Tetap semangat ya!
Biasa sih? rumput tetangga emeng tampak lebih hijau tapi kenyataannya belum tentu.
Nilai sulapan banyak terjadi di sekolah lain, tapi mudah-mudahan tidak dengan kita.
Sabar aja, kita berikan dan tunjukkan yang terbaik buat santri dan orang tua mereka. Oke!
Sukses untuk rekan guru semua.

Comment by sucihida

Assalamu’alaikum WR. Wb.
Terus Jaya ITRC, insyaalloh via media ini kami bisa akses bahan pelajaran yang diajarkan disekolah untuk mengulas kembali di rumah dan mencari bahan-bahan pelajaran lainnya yang berkaitan untuk tambahan. Sebab Modul yang selama ini ada teorinya dapat dibilang minim dan membuat kami bingung, kami punya usul untuk modul semester selanjutnya diberikan teori walaupun singkat sehingga kami mengetahui apa yang telah dibahas disekolah. Dan kami setuju sekali dengan sistem pembelajaran di Bani Hasyim. Thanks a lot for attention.

Wassalam

Rusdianto

Comment by Rusdianto

he… he.. berita tentang presslease kemaren udah nampang tuh, tapi koq bukan tentang tim ITRC yah, koq malah ptentang sekolah yah ???? terus kalo kasih koment kenapa yang muncul mesti fotonya bu A’yun sich

Comment by sdbanihasyim

Aji Said Abbas kembalikan uang kami !!

Comment by badramandrawata




Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: